Gambar oleh Ady Arif Fauzan dari Pixabay

Ngemeng-ngemeng soal kata merdeka, buat setiap orang pasti punya pandangan berbeda. Sama juga kayak anak kost, yang selalu punya arti merdeka dalam hal-hal di bawah ini :

Merdeka iuran

Namanya bulan Agustus identik dengan promo dan diskon. Anak kostan pasti berharap banget kalau bulanan mereka alias iuran sewa kost dapat korting minimal diskon 10 persen aja. Lumayan kan, bisa jajan dikit dari uang diskonan? Buat pengelola kost, bulan Agustus juga bisa dijadiin gimmick misal dengan kasih potongan harga, souvenir atau bikin happy hour di tanggal 17 dengan free es kopi, boba, dsb. Pokoknya maknai kemerdekaan dengan sukacita deh.

Merdeka inetan

Kuota data sekarang dah jadi kebutuhan pokok hampir setiap orang, gak kecuali anak kost. Acara mager di kamar, kuliah, WFH sampai cari hiburan sekarang semua lewat paket data. Nah, di bulan Agustusan gini, salah satu makna merdeka buat anak kost pasti salah satunya merdeka surfing inet sepuasnya.

Merdeka perut

Soal perut alias makan dan minum, juga jadi salah satu arti kemerdekaan bagi anak kostan. Karena besarnya kebutuhan wilayah Kampung Tengah ini biasanya mencapai hampir 40 persen dari pengeluaran rutin bulanan. Jadi, kemerdekaan hakiki bagi anak-anak rantau biasanya juga termasuk dalam sektor ini. Bisa menghemat sampai 20 persen saja bakalan jadi surga dunia buat kantong anak-anak kostan. Coba aja tanya ke mereka!

Merdeka cucian

Nyuci baju kotor, nyetrika sampai neglipetin dan masukin ke lemari adalah peekerjaan sepele yang amat sangat tidak populer di kalangan anak kostan. Dianggap buang waktu (padahal perlu) dan buang tenaga. Kalau dioper ke laundry harian, pasti dianggap buang duit. Serba salah kan? Jadi makna kemerdekaan lainnya buat anak kost pasti adalah bebas nyuci setrika. Pokoknya, terima beres aja maunya!

Makna kemerdekaan buat anak kost
Tagged on:                                             

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *